Pemikiran Remaja

Kali ini gua nulis khusus request-an dari temen gua yang bernama Rishahahaha. Dia pengen gua membicarakan tentang Apasih yang remaja pikirin ?, Gua menduga, si Rishahahaha ini lagi galau tentang hidupnya kali yaa wkwkwk....... Oke, basa basinya cukup sekian.

Sebelum membahas tentang pemikiran remaja, cari tau dulu yuk pengertian remaja itu sendiri. Menurut Wikipedia Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa.

Jadi, sekarang udah pada tau kan apa itu remaja? Karena remaja ini adalah masa 'peralihan', maka wajar aja sih banyak remaja yang masih plin-plan dalam kehidupannya. Kalo kata guru bk sih, mencari jati dirinya. eakkkk    

Tentang pemikiran remaja, ini itu pasti ada kaitannya sama sisi psikis. Menurut Stella Tirta, M.Psi, Psikolog. Remaja itu berfikir lebih abstrak dalam arti mereka bisa berfikir hipotesa. Yang waktu kecil tuh orangtuanya ngajarin kita, terus kita iya-iya aja gitu. Tapi ketika remaja kita pasti akan mempertanyakannya.

Sebagai manusia,  pasti ada yang negatif dan positifnya. Begitu pula remaja. Karena remaja juga manusia :) Dan baik buruknya manusia, itu pasti ada faktor-faktor yang mempengaruhi. Jadi, jangan langsung mengklaim kalo ada orang melakukan hal-hal negatif itu dia jahat yaa.

Sumber gambar : ( https://id.bccrwp.org )

Menurut gua, para remaja itu lebih mengutamakan perasaan dibandingkan dengan logika. Perasaan cinta yang ingin terbalaskan. Makanya, ini dia yang bikin remaja galau. Dan galaunya itu berlebihan, sampai jadi stres dan mereka belum bisa mengendalikan stres tersebut. Selain tentang perasaannya, remaja juga lebih mementingkan lifestyle. Agar mereka terlihat kekinian dan juga populer kali ya, padahal belum tentu yang mereka pake itu nyaman untuk dirinya. 

Dan yang paling nomor 1 adalah tentang SOSIAL MEDIA nya. Gua pernah bertemu dengan seseorang, kemudian kita berkenalan. Ketika berkenalan itu, dia langsung nanya dong "nama ig lo apa? gua follow ya, jangan lupa follback". Mending kalo gua udah kenal elu, ini kan baru aja tau. Dan gua tuh jarangggg banget nge-follow orang yang gak gua kenal. kecuali orang tersebut informatif. Dan setelah kejadian itu, beberapa minggunya dia nge-unfoll ig gua dong. Kalo gitu, buat apa lo follow gue? Ok, mohon maaf atas cerita yang gak pentingnya.

Tapi gak semua remaja kek begitu kok. Lingkungan pertemanan gua alhamdulillah masih berada dilingkungan yang positif. Dan gua bersyukur atas itu. Gua belajar banyak banget dari mereka. Mulai dari cara berfikir mereka yang bisa open minded, problem solving, dll. Tapi, mereka itu gak kaku dalam pergaulan. mereka asik. gua sayang. aaaaaaaaaaa

Dan mereka itu punya ambisius untuk masa depannya. Jadi, memberikan motivasi bagi gua juga untuk semangat meraih impian gua. Terkhusus untuk kalian semua teman-teman gua, thanks guys! Dan ketika lo punya temen yang kek begini, jangan pernah lepasin mereka.

-

Dan terkadang juga, ada aja remaja yang udah punya tujuan tapi belum dimulai, karena gak tau mau mulai darimana. Saran gua sih, kalo lo belum yakin lo bisa cari referensi. Ntah itu internet, social media, atau orang-orang di sekitar lo. Seperti guru, teman, dan orangtua lo. Kalo itu udah lo lakuin dan membuat lo yakin, maka jangan ragu untuk memulai. Makin banyak pengalaman lo, makin banyak pelajaran yang lo dapat.

Dan menurut gua nih ya, kita itu kan generasi penerus bangsa ya? Mumpung masih remaja, seharusnya kita itu bisa keren. Keren menurut gua adalah ketika kita bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya prestasi. Entah itu akademik atau pun non-akademik. Pokoknya bidang yang lo minati. Pinter gak harus selalu tentang nilai matematika lo yang bagus.  

HASILKAN KARYA LO UNTUK INDONESIA! BUKAN COPAS DARI ORANGLAIN!

Intinya,untuk para remaja yang sedang membaca ini, lo harus tau diri lo siapa, tau tujuan hidup lo, bergaul dengan orang-orang positif, wajib membanggakan ortu, jadi remaja yang produktif, gausah gengsi, berpikir lebih maju. Dan konsisten dengan itu semua. Buang hal-hal yang gak penting dalam hidup lo. Gausah dengerin omongan negatif. Buat lo nyaman dengan diri lo.

Sekian dari gue, mohon maaf banyak pelanginya. Seperti biasa, kalo lo punya saran atau masukan comment ya. Karena gua pengen tau, opini lo tentang pembahasan kali ini. 

Follow my instagram : @raesarr_



Komentar

Posting Komentar

Thanks for reading :')